FGD dan Lokakarya “Membangun Konsep dan Tujuan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”
STIKES Wira Husada Yogyakarta menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan Lokakarya selama tiga hari, terhitung mulai dari tanggal 8-10 Juli 2024, bertempat di ruang Seminar dan Hotel Merapi Merbabu. Kegiatan ini membahas “Membangun Konsep dan Tujuan Sistem Pembelajaran Mutu Internal (SPMI) dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)” di STIKES Wira Husada.
Turut hadir juga sebagai narasumber kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Lokakarya Agung Kristanto, S.T., M.T., Ph.D., Ketua Badan Penjaminan Mutu Universitas Ahmad Dahlan dan Hari Prasetyo, S.T., M.T., Ph,D, Ketua Penjaminan Mutu (LJM).
Dalam Membangun Konsep dan Tujuan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di STIKES Wira Husada muncul sebagai respons terhadap perubahan paradigma dalam dunia pendidikan tinggi yang diwakili oleh konsep MBKM. Dalam era ini, pendidikan tinggi semakin mengarah pada pemberdayaan mahasiswa untuk mengelola proses pembelajaran mereka sendiri secara mandiri dan kreatif. Oleh karena itu, STIKES Wira Husada perlu membangun kembali konsep dan tujuan SPMI yang lebih sesuai dengan pendekatan MBKM yang menekankan pada kemandirian, fleksibilitas, dan inovasi dalam pembelajaran.
Lokakarya ini bertujuan untuk menghasilkan SPMI yang tidak hanya berfokus pada standar mutu dan kepatuhan administratif, tetapi juga menjadi instrumen yang mendukung transformasi pendidikan tinggi menuju lingkungan belajar yang inklusif dan berorientasi pada mahasiswa. Melalui lokakarya ini, diharapkan dapat terjadi sinergi antara prinsip-prinsip MBKM dan tujuan-tujuan SPMI. Dosen dan pihak terkait lainnya diundang untuk berpartisipasi dalam proses penyusunan ulang konsep SPMI yang lebih adaptif dan responsif terhadap dinamika pendidikan tinggi saat ini. Dengan membangun kembali konsep dan tujuan SPMI, STIKES Wira Husada akan memiliki landasan yang kokoh dalam mewujudkan visi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, di mana mahasiswa didorong untuk menjadi subjek yang aktif dalam proses pembelajaran mereka dan institusi bertanggung jawab dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan potensi mahasiswa secara holistik.